Geografis Desa Sukorejo






Desa Sukorejo berada di lereng gunung wilis bagian timur dan berada di barat laut dari Kabupaten Tulungagung yang berjarak kurang lebih sekitar 15 km dari kota kabupaten dan terletak pada koordinat 111 sampai 112 bujur timur dan 7,5 sampai 08 lintang selatan dengan ketinggian 90 meter dari permukaan air laut.
Desa Sukorejo mempunyai luas wilayah  166.845 hektar, dengan jumlah penduduk 2968 orang per mei 2015, terbagi 1515 laki-laki dan 1453 perempuan, tercakup pada 860 kartu keluarga. Tanah desa Sukorejo sedikit miring dengan kemiringan kurang lebih 10 sampai 15 derajat miring ketimur, karena berada di timur gunung wilis.
Batas wilayah sebelah utara adalah desa Tulungrejo. Sebelah selatan adalah desa Sukodono. Sebelah barat adalah desa Punjul. Sebelah timur adalah desa Karangrejo / desa Jeli. Jarak desa dari pusat pemerintahan kecamatan adalah 5 km dan jarak desa dari pusat pemerintahan kota / kabupaten adalah 12 km. Jarak desa dari Kota/ibukota Kabupaten adalah 36 km dan jarak desa dari kota/ibukota propinsi adalah 156 km.
Pada dasarnya desa Sukorejo memiliki karakter masyarakat yang sangat aktif sehingga banyak sekali berbagai kegiatan baik yang bersifat ekonomi, sosial, dan keagamaan. Di siang hari semua masyarakat beraktifitas di bidang perekonomian dan hampir tidak diketemukan pengangguran, sedangkan dimalam hari banyak kegiatan di bidang keagamaan dan sosial mulai dari berjanji, dibaan, pama, usfuiyah, nariyahan, manakiban, sampai hadrah. Di desa ini semua penduduknya beragama islam, ada dua masjid dan dua puluh enam mushola, tiga madrasah salafiyah, dua madrasah formal setingkat sekolah dasar dan satu sekolah dasar negeri. Pada umumnya penduduk desa Sukorejo bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, pegawai, dan pengusaha.
Di bidang pertanian, petani sudah banyak mengembangkan berbagai tanaman produktif yang mempunyai nilai lebih seperti hortikultura, ketela rambat ataupun buah-buahan dan lain-lain.
Di peternakan banyak mengembangkan ternak unggas seperti ayam potong, petelur, puyuh, bebek. Sedangkan ikan banyak membudidayakan lele dan manggasius (patin). Sedangkan sapi dan kambing tidak begitu banyak populasinya.
Di perdagangan kebanyakan masyarakat desa Sukorejo bergerak di pemasaran hasil produksi desa seperti telor, hasil bumi dan buah-buahan.
Di bidang usaha banyak yang berkecimpung di perusahaan pengolaha besi atau bengkel las dan juga ada pengolahan makanan seperti marning, kerupuk, dan olahan jamur.

Komentar

  1. Sip,ini saran saya pinggir jalan utara selokannya sumbat karna ada sampah ,mohon diadakan kerja bakti membersihkan selokan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa Sukorejo

MUSYAWARAH RKPDES